Kamis, 15 Januari 2009

Standar Nilai UAN Bakal Naik?

Guru Diharapkan Memaksimalkan Potensi Siswa

SUKABUMI – Pemerintah Pusat merencanakan untuk menetapkan kenaikan standar rata-rata minimal menjadi 5,50 untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan pada Ujian Akhir Nasional (UAN) tahun ajaran 2008/2009 sekaranga. Begitu pula dengan nilai minimal 4,00 paling banyak dua mata pelajaran dan minimal 4,25 untuk mata pelajaran lainnya. “Sementara untuk tingkat SMK, nilai mata pelajaran kompetensi keahlian kejuruan minimal 7,00 dan digunakan untuk menghitung nilai rata-rata,” ujar Ketua Kelompok Kerja Sekolah (K3S) Tingkat SMA Kota Sukabumi, Pipid Hudaya, saat ditemui Pakar diruang kerjanya, Selasa (13/1) kemarin. Menurutnya, proses pelaksanaan UN tahun ini akan ditambah waktunya dari tiga menjadi lima hari. Alasannya karena adanya pihak yang mesara keberatan dari masyarakat. Jadi dalam pelaksanaannya nanti setiap hari akan di ujikan satu mata pelajaran saja. Kecuali pada hari pertama akan diujikan 2 mata pelajaran. “Jadwal pelaksanaan UN SMA dan MA rencana akan dilaksanakan pada 20 - 24 April 2009, sedangkan ujian susulan pada 27 April -1 Mei 2009 mendatang,” ungkapnya.

Kenaikan nilai UN tersebut, katanya bertujuan untuk meningkatkan standar kwalitas siswa terhadap pengusaan tiga mata pelajaran. Diharapkan dengan kenaikan nilai rata-rata tersebut, standar kwalitas siswa dalam penguasan tiga pelajaran yang diujikan akan lebih baik dimasa akan datang. “Begitu juga para guru, diharapkan akan berusaha keras agar siswa mereka betul-betul dapat mengusai tiga pelajaran UAN tersebut,” katanya.

Meskipun kenaikan ini sangat dirasakan berat, pihaknya akan berusaha semaksaimal mungkin untuk mengatasinya, seperti dengan menbuat prediksi soal yang akan keluar dalam pelaksanaan UN nanti. Bahkan pihaknya akan mencoba untuk mengantisifasi dengan cara bedah Standar Konferensi Kelulusan (SKL). “Direncanakan juga hasil UN ini akan di periksa oleh Universitas Pendidikan Indonesia ,” katanya.

Sedangkan mata pelajaran yang diujikan yaitu untuk jurusan IPA adalah Bahasa Indonesia, Biologi, Bahasa Inggris, matematika, Fisika dan Kimia. Untuk jurusan IPS meliputi Bahasa Indonesia, Sosiologi, Bahasa Inggris, Matematika, Geografi dan Ekonomi. Mata pelajaran untuk jurusan bahasa meliputi Bahasa Indonesia, Sejarah Budaya/Antropologi, Bahasa Inggris, Matematika, Sastra Indonesia dan Bahasa asing.=NDI ( Sumber : pakuanraya.com)

Tidak ada komentar: