Selasa, 16 Desember 2008

PROGRAM PELATIHAN KETERAMPILAN ELEKTRONIKA KERJASAMA ANTARA SMK NEGERI 1 KOTA SUKABUMI DENGAN KANTOR SOSIAL TENAGA KERJA KOTA SUKABUMI TAHUN 2006









BAB 1
PENDAHULUAN


1.LATAR BELAKANG.

Belajar merupakan suatu kebutuhan manusia untuk meningkatkan pengetahuan , sikap dan keterampilan. Dengan demikian proses pemupukan latihan, tujuan dan pengalaman belajar di butuhkan selama manusia masih hidup. Rasanya tanpa belajar setiap manusia akan mengalami berbagai kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang senantiasa berubah sesuai dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih.

Berangkat dari latar belakang diatas. SMK NEGERI 1 KOTA SUKABUMI bekerjasama dengan KANTOR SOSIAL TENAGA KERJA KOTA SUKABUMI, mengadakan Pelatihan Keterampilan Elektronika, bagi Pemuda-Pemudi Warga Kota Sukabumi, (khususnya bagi meraka yang akan bekerja mandiri, dibidang Service Elektronika).


2.TUJUAN

Tujuan Pelaksanaan Pelatihan Keterampilan Elektronika, kerjasama antara SMK Negeri 1 Kota Sukabumi dengan Kantor Sosial Tenaga Kerja Kota Sukabumi ini adalah untuk membantu Pemuda-Pemudi Warga Kota Sukabumi, dengan latar belakang pendidikan minimal setingkat SLTP, untuk mendapatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan tentang Elektronika, yang dapat digunakan sebagai bekal untuk bekerja mandiri (membuka Service) atau untuk bekerja ditempat/di perusahaan yang berbasiskan Elektronika.


3.SASARAN

Sasaran dari Pelaksanaan Pelatihan Keterampilan Elektronika ini adalah seluruh Pemuda- Pemudi Warga Kota Sukabumi yang membutuhkan pengetahuan, sikap dan keterampilan tentang Elektronika, melalui proses pendaftaran dan seleksi yang dilaksanakan oleh Kantor Sosial Tenaga Kerja Kota Sukabumi.


4.WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN.

Pelaksanaan Pelatihan Keterampilan Elektronika, kerjasama antara SMK Negeri 1 Kota Sukabumi dengan Kantor Sosial Tenaga Kerja Kota Sukabumi ini, dilaksanakan mulai dari tanggal 18 bulan Juli sampai dengan tanggal 05 bulan September tahun 2006.
Tempat pelaksanaan Pelatihan Keterampilan Elektronika di Program Keahlian Teknik Audio Video, SMK Negeri 1 Kota Sukabumi, Jln Kabandungan No. 90 Sukabumi.


PROGRAM

Kegiatan Pelatihah Ketrampilan Elektronika dilaksanakan pada :

Mulai :Jum;at 18 Juli 2006
Waktu : 13.30 s.d selesai
Tempat : Ruang Praktek Teknik Audio – Video

Selesai :Jum;at 05 September 2006
Waktu : 13.30 s.d selesai
Tempat : Ruang Praktek Teknik Audio – Video


Catatan :
Dilaksanakan 3 hari dalam satu minggu, yaitu :
Hari Senin, Kamis dan Sabtu


BAB II
PELAKSANAAN

Pelaksanaan Pelatihan Keterampilan Elektronika kerjasama SMK Negeri 1 Kota Sukabumi dengan Kantor Sosial Tenaga Kerja Kota Sukabumi, melalui beberapa tahap, yaitu ;
1. Pembicaraan awal antara Kantor Sosial Tenaga Kerja Kota Sukabumi dengan SMK Negeri 1 Kota Sukabumi.
2. Pengamatan/Observasi tempat pelaksanaan Pelatihan Keterampilan Elektronika.
3. Pembuatan Perjanjian Kerjasama Pelaksanaan Pelatihan Keterampilan Elektonika antara SMK Negeri 1 Kota Sukabumi dengan Kantor Sosial Tenaga Kerja Kota Sukabumi.
4. Sumber dana pelaksanaan kegiatan Pelatihan Keterampilan Elektronika, sepenuh nya merupakan tanggungjawab Kantor Sosial Tenaga Kerja Kota Sukabumi.
5. Pembukaan pelaksanaan kegiatan Pelatihan Keterampilan Elektronika, dilaksanakan di Kantor Sosial Tenaga Kerja Kota Sukabumi.
6. Pelaksanaan kegiatan Pelatihan Keterampilan Elektronika, dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kota Sukabumi pada Program Keahlian Teknik Audio Video, dari tanggal xx bulan 18 Juli sampai dengan tanggal 05 bulan September 2006.
7. Penutupan kegiatan pelaksanan Pelatihan Keterampilan Elektronika, dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kota Sukabumi.

Perjanjian kerjasama Pelatihan Keterampilan Elektronika antara SMK Negeri 1 Kota Sukabumi dengan Kantor Sosial Tenaga Kerja Kota Sukabumi, berlaku mulai dari pembu kaan pelaksanaan kegiatan sampai penutupan pelaksanaan kegiatan pelatihan.

Pelaksanaan kegiatan Pelatihan Keterampilan Elektronika, sepenuhnya dilakukan oleh Program Keahlian Teknik Audio Video, SMK Negeri 1 Kota Sukabumi, dengan melibat kan seluruh warga Program Keahlian (Guru/Instruktur, Toolman dan Siswa).

Selama pelaksanaan kegiatan Pelatihan Keterampilan Elektronika berlangsung, tata tertib
bagi peserta pelatihan keterampilan adalah sama dengan tata tertib siswa yang berlaku.

Materi untuk peserta Pelatihan Keterampilan Elektonika di susun oleh Program Keahlian Audio Video dan diketahui oleh pihak Kantor Sosial Tenaga Kerja Kota Sukabumi.

Hasil praktek peserta Pelatihan berupa : Rangakaian Catu Daya, Tone Control Mono dan Power Speaker Aktif serta peralatan service (Solder, Penyedot Timah, Multimeter, manual book) menjadi hak milik peserta pelatihan.

Evaluasi pelaksanaan Pelatihan Keterampilan Elektronika, dilakukan oleh Program Keahlian Teknik Audio Video melalui Test pembuatan dan pengukuran rangakian Power Speaker Aktif LA 4440.


BAB III
PENUTUP

Melalui Pelatihan Keterampilan Elektronika, bagi Pemuda-Pemudi warga Kota Sukabumi akan diharapkan membantu Pemerintah dalam memecahkan masalah sosial dan tenaga kerja, khususnya bagi mereka yang ingin bekerja mandiri.

Demikian Program Pelatihan Keterampilan Elaktronika ini dibuat antara SMK Negeri 1 Kota Sukabumi dengan Kantor Sosial Tenaga Kerja Kota Sukabumi, agar dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Tidak ada komentar: